Penerapan Komputasi Modern pada Website "Citilink"

Sebelumnya sudah dibahas mengenai penerapan komputasi modern. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas penerapan komputasi modern pada website maskapai penerbangan Citilink, http://www.citilink.co.id

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Pada website Citilink, calon penumpang dapat memesan tiket melalui interenet, tanpa harus bersusah payah mendatangi loket penjualan. Selain itu, karena sistem online, pemesanan tiket dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun anda berada. Terdapat banyak pilihan menu yang akan sangat membantu bagi calon penumpang. Informasi yang ditampilkan pada website ini juga selalu update. Satu hal yang paling saya sukai adalah kesan fresh yang ditampilkan pada halaman depan website ini. Warna hijau serta foto-foto header seakan mengajak pengunjung website untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Berikut adalah tampilan awal website Citilink. Terdapat 5 menu utama yaitu My Flights, News, Shop, Stories dan menu Club. Pada menu My Flight terdapat sub menu yang memberikan info kepada calon penumpang khususnya yang sudah membooking tiket , yaitu Jalur Pembayaran, rute & peta , info terminal, info & bagasi, condition and carriage dan biaya-biaya. Lalu menu News berisi berita pers serta berbagai promo dari Citilink yang hadir pada event-event tertentu. Kemudian bagi anda yang menginginkan membeli barang merchendise dari Citilink, bisa langsung mengunjungi menu Shop. Lalu menu Story berisi cerita catatan perjalanan dan Club semacam forum membership. Lalu, Bagaimanakah alur pemesanan tiket pesawat maskapai Citilink ? Berikut alur sederhananya: Untuk memesan tiket via online, anda bisa mengklik bagian my flight dan cari penerbangan.


Gambar di bawah merupakan tampilan saat anda akan memilih daerah asal dan kota tujuan, berapa penumpang serta tanggal keberangkatan. Pilih sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk mengisi semua data yang diperlukan dan jangan lupa membedakan penumpang dewasa dan anak. Setelah itu klik Find Flight untuk mencari penerbangan yang anda inginkan.


Setelah itu, website akan memproses dan kemudian mencari rute serta jadwal penerbangan yang anda inginkan. Kemudian dibawah adalah tampilan hari serta jam keberangkatan dan tidak lupa beberapa pilihan harganya. Terdapat beberapa perbedaan harga tergantung pada low season atau high season (seperti musim liburan atau weekend)



Sesudah memilih penerbangan, anda diharuskan mengisi data-data pribadi dan data penumpang lain yang ikut turut serta bersama anda. Dimulai dengan nama, alamat, tanggal lahir , warga negara, nomer telepon dan alamat email. Anda juga bisa memilih apakah ingin mengambil ekstra bagasi atau tidak. Anda juga dapat membeli makanan selama di penerbangan.


Dibawah ini adalah tampilan dimana anda bisa memilih baris dan row tempat duduk pesawat yang anda inginkan. Di sini ada dua pilihan, anda bisa memilih sendiri atau dari pihak Citilink yang akan memilihkannya. Apabila anda ingin memilih sendiri nomor tempat duduk anda, maka akan dikenakan biaya tambahan.



Setelah itu, diakhir adalah tampilan dimana anda bisa memilih metode pembayaran serta bank mana yang akan anda gunakan untuk membayar tiket. Di sebelah kanan website, terdapat itenarry tiket pemesanan anda yaitu jumlah rincian biaya yang harus anda bayarkan.


Komentar
Menurut saya, website maskapai penerbangan Citilink sudah cukup baik. Desain dan berbagai fitur yang disediakan sudah dapat dikatakan cukup memenuhi kebutuhan calon penumpang. Ditambah lagi dengan ditunjangnya website ini dengan teknologi komputasi awan sehingga calon penumpang bisa memesan dan mengakses data mereka selama terhubung dengan koneksi internet. 

Kelebihan:
  • Dari segi desain, website ini cuku menarik. Mudah untuk digunakan dan paduan warna di website ini begitu enak dilihat mata.
  • Alur pemesanan dan beberapa fitur serta news yang mudah dipahami.
Kekurangan:
  • Saat jaringan internet dalam performa yang tidak maksimal, tampilan website menjadi kurang sempurna dan agak lambat. Mungkin kurang ringan diakses saat jaringan dalam keadaan kurang baik, apalagi saat Citilink mengadakan promo, website terasa sulit sekali untuk diakses dalam kurun waktu tertentu.


Nama: Riskawuni
NPM: 52409458
Kelas: 4IA07

riska

No comments:

Post a Comment