Game Matches pada Strawberry Prolog

Pada semester 5 ini,saya mendapat mata kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan. Saya mendapatkan tugas yaitu membuat (mungkin lebih tepatnya mengembangkan) game Artificial Intelligence (AI) berbasis Strawberry Prolog. Mungkin banyak yang kurang tau apa itu Strawberry Prolog.

Strawberry Prolog is a dialect of the Prolog programming language. Its syntax is very close to that of ISO-Prolog but it has many extensions which are not part of the standard.


Lalu kalau Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan buatan adalah suatu kecerdasan yang diciptakan dalam suatu entitas buatan (biasanya komputer). Jadi komputer bisa melakukan pekerjaan layaknya manusia. Gampangnya yang termaksud game AI yaitu game yang melawan komputer. Komputer bisa mengambil suatu keputusan. Di sini saya memilih game matches untuk dikembangkan. Ada yang bilang game ini bukan AI, tapi coba liat definisi diatas.

Nah, untuk lebih mudahnya langsung saja download softwarenya disini.  Download yang versi Light Edition ya... 
kalau sudah selesai download, langsung aja install dan di Run. Setelah Strawberry Prolognya terbuka, coba tekan Ctrl + O lalu pilih C:\Program Files\Strawberry Prolog\Games\ lalu pilih Matches.
Sesudah codingannya terbuka, tekan F5 untuk merunning program.

Tampilan Output gamenya seperti ini















Di sini kamu akan menemukan 15 batang korek api yang disusun sedemikian rupa. Cara bermainnya: kamu boleh mengambil korek sebanyak yang kamu mau, asalkan masih dalam satu kolom. Mainnya bergantian dengan AI . Kamu tidak boleh mengambil korek paling akhir. Jika kamu mengambil korek terakhir, maka kamu akan kalah dan computer yang menang. Begitu juga sebaliknya. Karena project ini tidak boleh sama dengan mahasiswa yang lain (yang berarti harus memodifikasi ulang game ini), maka sekarang saya akan mengganti tampilan game ini.


MENGGANTI GAMBAR KOREK API DAN BACKGROUND
Sekarang saya akan mengganti gambar yang semula korek api menjadi gambar yang saya inginkan. Pertama-tama siapkan gambar dalam bentuk .bmp lalu berukuran 57x16 px dan simpan di dalam satu folder yang sama dengan project yang kita buat. Kemudian buka codingan game Matches tadi, lalu edit pada bagian ini


Jadi seperti ini

Perintah G_White is brush(rgb(255,255,255)), saya pergunakan untuk menampilkan brush berwarna putih.

G_icon is bitmap_image("gambar1.bmp",_),
Mendeklarasikan fungsi Icon (bisa diganti dengan nama yang kamu mau) adalah sebuah gambar bitmap, yang kemudian memanggil gambar1.bmp (sesuaikan "gambar1") dengan nama file bmp kamu yang kamu alokasikan sebagai pengganti gambar korek api.

G_Background is bitmap_image("gambar2.bmp",_),
Sama seperti diatas, tapi ini berguna untuk Background. Siapkan juga terlebih background yang diinginkan kemudian simpan di dalam folder yang sama dengan project.

set(pos([1,2,3,4,5,6,7])),
Tadinya hanya ada 5, tapi di sini saya 7. Perintah ini berfungsi untuk mengatur susunan 'gambar1'. Kamu bisa mekreasikan bentuknya. Angka yang ada disitu mewakilkan banyaknya 'gambar1' dalam satu kolom. Tapi jangan lupa, pada setiap perintah yang ada [0,0,0,0,0,0,0]-nya diedit juga. Banyaknya angka 0 harus sama dengan banyaknya kolom yang kita buat.

window_n( G_Main, _,win_func, "Judul yg kamu mau", 200,200,850,400,_,_, rgb(255,255,255)).
Ini untuk mengatur ukuran dan tampilan window game yang kamu buat. Angka 200 yang pertama menunjukkan 200px dari sebelah kiri. Sedangkan 200 yang ke 2 menunjukkan 200px dari sebelah kanan. Angka 850 dan 400 menunjukkan width = 850px sedangkan Height = 400px. Di sini kamu bisa mengubah angka-angkanya sesuai dengan kebutuhan.


Oiya, jangan lupa edit bagian win_func(paint):-
ubah menjadi seperti ini:

riska

3 comments:

  1. ijin nyimak aja yah kak, masih belum ngerti mengenai game matches ini soalnya.. hihihi.. ilmu yang sangat bermanfaat kaka, terus share ya tentang ilmunya.. ^^

    ReplyDelete
  2. Sip!
    Iya, sama-sama belajar ya ;)

    ReplyDelete
  3. kak cara ngesave gambarnya gmn ya? di akunya eror tlng dijelasin dong tutorialnya dari ngedownload sampe ngesave :) makasih kk ^^

    ReplyDelete