Pengalaman Dalam Membangun Sebuah Sistem Informasi

Semester lalu saya diberi tugas kelompok oleh dosen Pemrograman Berbasis Objek untuk membuat suatu sistem informasi. Sebelum bercerita lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem informasi. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia,
 
Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Pada saat itu kelompok kami ditugasi membuat aplikasi rumah sakit berbasis Java. Di situ saya bersama kelompok saya mengawali dengan membuat alur perancangan aplikasi seperti apa yang akan kami buat. Pada aplikasi tersebut diharapkan bisa menginput, menyimpan dan menampilkan data pasien, data dokter beserta biaya konsultasi, data penyakit, data kamar, data penyakit, serta data obat yang nantinya disimpan ke dalam beberapa database.

Kami menggunakan Netbeans dalam perancangan tampilan aplikasinya. Program tersebut terdiri dari beberapa class dengan satu main class. Kami membuat beberapa database sesuai yang dibutuhkan kemudian menghubungkannya dengan Java. Di sini kami menemukan kesulitan untuk menghubungkan database serta mengeluarkan outputnya di Java.

Melalui program ini, user dimudahkan dalam hal manajemen rumah sakit seperti pendataan pasien, nama dokter yang menangani pasien, nama penyakit berdasarkan gejala yang ada, kemudian apakah pasien tersebut harus dirawat inap atau hanya rawat jalan. Kalau rawat inap maka dikenakan biaya tambahan seperti biaya kamar dan biaya untuk obat-obatan. User bisa mencetak total biaya yang harus dikeluarkan pasien pada saat keluar dari rumah sakit.

Mungkin pada saat ini program kami masih memerlukan banyak perbaikan di sana-sini, tapi kami selalu berharap agar suatu saat nanti program kami berguna bagi masyarakat.

riska

1 comment:

  1. boleh minta tutor ato file mentahnya ?? saya baru belajar netbeans

    ReplyDelete