Bukan Mustahil, Akses "E-Mail" Pakai Gerakan Tubuh



Masih ingat dengan Gmail Motion? Itu lho teknologi baru yang dikembangkan Google untuk mengakses e-mail dengan gerakan tubuh. Video mengenai Gmail Motion sempat heboh karena hanya merupakan konten April Mop yang digarap para insinyur Google.
Namun, teknologi semacam itu ternyata bukan sesuatu yang mustahil. Di masa depan, orang mungkin memang bisa mengelola e-mail dengan gerakan tubuhnya seiring makin majunya sensor yang diterima komputer. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh para peneliti di University of Southern California, AS.
Evan Suma, peneliti program pasca-doktoral dari laboratorium MxR, Institut of Creative Technologies, telah menguji cobanya. Dalam video yang diunggah di YouTube, ia menjelaskan cara kerja teknologi tersebut.
Ia menyebutnya SLOOW atau kependekan dari Software Library Optimizing Obligatory Waving. Untuk menghubungkan perintah gerakan tangan dalam mengakses e-mail di Gmail, Evan menggunakan sensor Microsoft Kinect yang sebelumnya dirancang sebagai pelengkap konsol game XBox 360. Menakjubkan. Evan bisa memberi perintah membuka e-mail, menulis e-mail, dan mengirimkannya hanya dengan gerakan-gerakan tangan.
Teknologi sensor gerak yang disediakan Kinect memang membuka peluang pengembangan baru terhadap pengoperasian komputer berbasis gerak tubuh. Sebelumnya, tim di laboratorium MxR juga sudah menggunakan teknologi serupa untuk mengembangkan FAAST (Flexible Action and Articulated Skeleton Toolkit) pada Desember 2010 untuk bermain game War of Warcraft.
Sumber :

riska

No comments:

Post a Comment