The Web in Society

E-commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

   1. Menyediakan harga kompetitif
   2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
   3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
   4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
   5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
   6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
   7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

    * E-mail dan Messaging
    * Content Management Systems
    * Dokumen, spreadsheet, database
    * Akunting dan sistem keuangan
    * Informasi pengiriman dan pemesanan
    * Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
    * Sistem pembayaran domestik dan internasional
    * Newsgroup
    * On-line Shopping
    * Conferencing
    * Online Banking/internet Banking
    * Product Digital/Non Digital

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

COPYRIGHT

Copyright adalah kepimilikan atau perlindungan atas suatu intelektual property (produk yang dihasilkan dari kretivitas seseorang yang  memiliki nilai jual.) biasanya perlindungan itu barupa perlindungan hukum. Mengapa dikatakan demikian? Karena hak cipta tersebut diatur oleh undang-undang atau peraturan pemerintah.

Perlindungan terhadap intelektual property adalah melindungi hasil kreativitas sesesorang. Contohnya jika kita membeli novel, sebenarnya kita membeli fisik buku saja tetapi bukan ide ceritanya, penyajiannya, hasil karyanya. Kita boleh saja menjual buku itu atau memberikan buku itu kepeda orang lain. Tetapi tidak boleh menggandakan dan menjual.

Hak cipta diberikan pada pemilik dari karya asli yang dilindungi hukum setelah karya itu diciptakan atau dibuat. Di Indonesia hak cipta dijelaskan sebagai hak yang diberikan untuk pencipta suatu karya untuk mengontrol atas penggunaan dari ciptaanya.ciptaan-ciptaan atau karya yang dihasilkan  tersebut termasuk buku-buku, program-program computer, karya-karya drama, rekaman suara, dan film. Hak cipta memberi hak bagi pemiliknya untuk:
  1. Membuat copy dari hasil ciptaanya.
  2. Menyebarluaskan hasil ciptaanya.
  3. Mempertunjukan hasil ciptaanya didepan umum
  4. Menjual hasil ciptaannya agar dapat di konsumsi oleh orang lain.
Undang-undang pengturan atas hak cipta  terdapat dalam UU nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta. Karya yang bias mendapatkan hak cipta menurut undang-undangpun baaneka macamnya dan bentuknya. Program computer, ceramah, pampfhlet, tarian, lagu, terjamahan dan peta. Adalah beberapa contih saja dari jenis hasil ciptaan seseorang yang dilindungi. Semua ciptaan yang sudah berhak cipta tersebut tidak boleh diperbanyak atau digandakan tanpa seijin dari pemiliknya yang mempunyai wewenang hak cipta dari karyanya tersebut.

PRIVACY

Apa Itu Privacy? 

Privacy yaitu:
  1. ”The right to be let alone” (Mahkamah Agung Brandeis, 1890).
  2. “The right of individuals to control the collection and use of personal information about themselves”.(jurnal privacy).
  3. “Privacy …is the power to control what others can come to know about you. People gain knowledge about you in only two ways-through monitoring or searching (or by reports relying on the results of monitoring or searching)”.(lessig, 1999).
Dari ketiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa privacy adalah suatu hak pribadi yang harus dijaga, diantaranya informasi mengenai data pribadi (yang sifatnya rahasia) dan data-data rahasia tersebut harus di jaga dari phak lain yang sedang mengawasi kita, yang ingin memperoleh informasi tentang kita.

Keamanan Sistem dan Informasi
Keamanan sistem mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman pihak-pihak yang tidak berhak.Keamanan berhubungan dengan orang-orang yang mencopba mengakses remote secara ilegal. Sebagian besar masalah keamanan terutama disebabkan oleh adanya orang jahat yang mencoba untuk mengambil keuntungan atau mengganggu seseorang.

Informasi yang digunakan oleh bisnis dapat berupa bentuk rekord komputer, kertas, model skala, prototipe dan lain-lain. Mengelola semua informasi ini secara efektif adalah penting untuk dilakukan demi masa depan bisnis. Keamanan informasi adalah untuk memastikan informasi hanya dibaca, didengar, diubah, disebarkan dan jika tidak digunakan oleh orang-orang yang mempunyai hak untuk melakukannya. Hal ini memerlukan bidang keterampilan dan pengetahuan.

Tujuan Utama Menyediakan Keamanan
Kerahasiaan (confidentiality) adalah keterjaminan bahwa informasi pada sistem komputer hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang diotorisasai dan modifikasi dilakukan dengan tetap menjaga keutuhan dan konsistensi data sistem tersebut.
Integritas (integrity) adalah keterjaminan bahwa sumber daya sistem hanya dapat dimodifikasi oleh pihak-pihak yang diotorisasi.

Privacy merupakan hal yang berkaitan dengan pembuatan susunan hukum, kebijakan dan memeriksa prosedur-prosedur informasi rahasia yang dapat diidentifikasi secara pribadi.

Isu mengenai privacy sedang diperdebatkan dalam dunia bisnis dan pemerintah karena teknologi internet mempercepat semua keberadaan koneksi telekomunikasi global dalam bissnis dan masyarakat.

Informasi rahasia tentang berbagai individu yang disimpan dalam basisdata komputer terpusat oleh para lembaga kredit, lembaga pemerintah dan perusahaan bisnis swasta telah dicuri atau telah disalahgunakan. Kejadian tersebut menyebabkan serangan atas privacy, penipuan, dan ketidakadilan.
Keamanan sistem komputer bertujuan menjamin agar sumber daya tidak dugunakan atau dimodifikasi oleh orang yang tidak diotorisasi. Pengamanan termasuk masalah teknis, manajerial, legalitas dan politis.

riska

No comments:

Post a Comment