Pengaruh Internet Bagi Kehidupan

Perkembangan internet di dunia, terutama di Indonesia terasa begitu pesat beberapa tahun belakangan ini. Setidaknya hampir sebagian besar orang sudah mengenal internet.  Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dengan teknologi internet ini. Mungkin bisa dikatakan hidup saya tidak bisa lepas dari internet. Memang jika kita melihat sepintas, banyak dampak negatif dari Internet seperti pornografi, kecanduan game online, dan lain sebagainya yang dapat merusak moral dan mengganggu perkembangan psikologi. Hal ini tentu bisa dihindari dengan memperkuat iman masing-masing individu.

Salah satu dampak positif yang saya dapat dari internet adalah mudahnya pertukaran informasi dengan orang lain. Saya bisa berkomunikasi dengan seseorang di belahan benua lain tanpa menunggu lama. Saya bisa menggunakan Instant messaging untuk bertukar kabar dengan relasi, detik itu juga. Saya bisa melepas rindu dengan kawan lebih nyata menggunakan fasilitas video call. Batasan ruang dan waktu bagaikan terkikis dengan adanya internet.

Internet menjadi media yang sangat tepat untuk mendapatkan suatu berita saat itu juga. Seperti contoh pada saat ada bencana gempa di daerah Jawa Barat beberapa saat lalu, saya dapat dengan cepatnya mengetahuinya melalui situs jejaring Twitter. Saya juga sering membaca Koran digital (ePaper) menggunakan internet,sehingga saya tidak perlu susah payah lagi membeli Koran.  Tersedianya banyak sekali situs berita di Internet membuat pikiran saya terbuka dengan perkembangan yang terjadi di dunia. Saya bisa mengetahui konflik di negara nun jauh di sana hanya dengan beberapa kali click.

Tidak hanya itu, saya bisa mendapatkan informasi di bidang sosial, kebudayaan dan pendidikan dengan sangat mudah. Biasanya saya mencari  beberapa materi serta tugas kuliah saya hanya dalam hitungan detik dengan menggunakan search engine seperti Google.com. Informasi ilmu pengetahuan tersedia dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, audio, video sehingga bisa disesuaikan dengan cara belajar masing-masing individu.

Dengan internet saya juga bisa mengembangkan bakat saya. Saya dengan mudahnya dapat masuk ke dalam komunitas virtual dan kemudian dapat berdiskusi dengan anggotanya untuk berbagi ilmu. Internet menjadi wadah yang sesuai untuk berkreasi dan mengembangkan kreatifitas. Kita bisa menemukan bakat-bakat dari bebagai macam orang di situs Youtube.com , Deviantart.com , dan lain sebagainya.

Pengaruh internet yang menarik lainnya terdapat pada dunia sosial, dimana telah terbentuk suatu komunitas jaringan baru karena perkembangan internet ini. Komunikasi antar komunitas jejaring sosial lewat website seperti Facebook, Twitter atau Foursquare memungkinkan seseorang untuk terus berbagi informasi dengan semua orang yang telah berada dalam lingkaran pertemanan jejaring sosial tersebut.

Internet benar-benar menyediakan informasi yang sangat melimpah untuk menambah pengetahuan saya. Tapi lantas bukan kita jadi terlena dengan kemudahan pengaksesan informasi ini. Kita harus semakin pandai dalam memilah mana yang baik dan benar untuk kita. Terkadang saya mendapatkan informasi yang menyesatkan dan malah membuat saya bingung. Untuk itulah kita harus selalu waspada dalam memanfaatkan teknologi ini. Jangan biarkan kita terbuai dan melupakan kehidupan di sekitar kita.

Kita juga harus waspada dengan cyber crime. Kemudahan mendapatkan informasi di internet bisa menjadi boomerang yang siap menyerang jika kita lengah.
Hati-hatilah berbagi informasi pribadi dengan orang yang tidak kita kenal karena bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

riska

No comments:

Post a Comment