Jadikanlah Aku Pembawa Damai


Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai.
Bila terjadi kebencian,
jadikanlah aku pembawa cintakasih.

Bila terjadi penghinaan,
jadikanlah aku pembawa pengampunan.

Bila terjadi perselisihan,
jadikanlah aku pembawa kerukunan.

Bila terjadi kebimbangan,
jadikanlah aku pembawa kepastian.

Bila terjadi kesesatan,
jadikanlah aku pembawa kebenaran.

Bila terjadu kecemasan,
jadikanlah aku pembawa harapan.

Bila terjadi kesedihan,
jadikanlah aku sumber kegembiraan.

Bila terjadi kegelapan,
jadikanlah aku pembawa terang,

Tuhan, semoga aku lebih ingin menghibur daripada dihibur, memahami daripada dipahami, mencintai daripada dicintai.

Sebab dengan memberi aku menerima, dengan mengampuni aku diampuni, dengan mati suci aku bangkit lagi untuk hidup selama-lamanya. Amin.

Aku teringat dengan doa ini. Doa yang diambil dari Puji Syukur Nomor 221. Aku teringat akan masa-masa pertama kali diajarkan mendoakan ini pada saat aku kelas 3 sd. Aku disuruh menghafal doa ini oleh guru agamaku. Jujur dulu aku afal sekali dengan doa ini. Tapi mengapa sekarang aku tidak afal? Yah, aku merasa sekarang kehidupanku jauh sekali dengan Tuhan. Ini doa sederhana yang menurutku sangat dalam maknanya. Memang tidak penting menghafal doa, tetapi untuk ingat dan meresapi makna dibalik doa ini sudah sangat lama sekali aku abaikan.

Aku mulai melafalkan kata perkata.. tiba-tiba aku merasakan damai dan kesejukan di dalam hati. Damai karena aku tersadar, aku harus selalu berbuat baik tanpa pamrih. Selalu mengasihi sesama manusia. Aku selalu berharap agar Tuhan membimbingku sesuai dengan doaku diatas. Supaya aku bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sekarang.

riska

3 comments:

  1. doa yang indah karena makna yang dalam dan didoakan dengan sederhana. tetapi tak sesederhana untuk mewujudkan isi doanya :)
    semoga selalu diingatkan untuk menjadi berkat bagi sesama kalo mendoakan Doa Damai ini.
    Tuhan memberkati :)

    ReplyDelete
  2. doa yang indah karena maknanya dalam dan didoakan dengan sederhana. tapi tidak sesederhana untuk mewujudkan isi doanya :)
    semoga selalu diingatkan untuk menjadi berkat bagi sesama kalau mendoakan Doa Damai ini.
    Tuhan memberkati :)

    ReplyDelete
  3. Doa yg terindah adalah di saat kamu berdoa dgn segenap hatimu. Saat kamu mencurahkan apa yg menjadi beban dan permasalahanmu kepada Tuhan :D

    ReplyDelete