Friday, April 30, 2010

contoh program python menggunakan dictionary

Ini salah satu contoh program python sederhana yang menggunakan dictionary. Di sini, saya akan menentukan nama bulan berdasarkan hasil inputan user. Berikut listing programnya:

a=int(raw_input("Masukkan bulan ke: "))
seleksi={1:'januari', 2:'februari', 3:'maret', 4:'april', 5:'mei', 6:'Juni', 7:'Juli', 8:'agustus', 9:'September', 10:'Oktober', 11:'November', 12:'Desember'}
print "Bulan ke- ",a,"adalah bulan",seleksi[a]
print screennya :maka akan didapat hasil outputnya :
Apabila saya menginput angka 5, maka hasil yang keluar adalah bulan Mei .

*disini saya menulis listing programnya menggunakan SciTE yang dapat Anda download di http://www.scintilla.org/SciTEDownload.html

Saya menggunakan SciTE untuk mempermudah dalam penulisan pemrograman dalam berbagai bahasa. Anda tinggal meng-set bahasa yang anda inginkan di bagian Language.

Untuk menjalankan program,terlebih dahulu harus disave lalu tekan
F5.

6 comments:

  1. Postingannya cukup membantu saya memahami bahasa Python. Makasih, ya. Tapi sayang, kalo bisa, pada postingan-postingan tentang Python yang akan datang, contohinnya pake IDLE, jangan SciTe biar para pemula bisa lebih mudah mengerti.

    ReplyDelete
  2. oke terima kasih atas sarannya :)

    ReplyDelete
  3. aku biasanya coding python make Nano kakak..

    thanks atas artikelnya

    ReplyDelete
  4. Thanx amat sangat membantu buat sidang praktikum gw,.. hehehehe

    ReplyDelete
  5. @Safe Code : iya itu kan cuma beda Editornya aja :)

    @look at this blog : klo pake SciTE sih di save dulu. lalu click tab "Tools" -> "Go"

    @dendy christ : iya.. sama-sama :)

    ReplyDelete