BAB 1. Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar

A. Pendahuluan

Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu mata kuliah yang membicarakan nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia sehari-hari. Hal ini perlu, karena kekurangan pada sistem pendidikan kita, baik di tingkat menengah, maupun di tingkat perguruan tinggi. Kegunaan mata kuliah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai kesamaan bahan pembicaraan satu sama lain. Diharapkan, kesamaan dalam bahan pembicaraan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan negara, khususnya di bidang pendidikan di Indonesia.

Dengan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar belakang pengetahuan kebudayaan Indonesia pada umumnya. Mahasiswa dapat secara kreatif mengembangkan segala potensi yang ada di dalam diri mereka masing-masing. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengalaman yang luas dan padu yang akan membimbingnya ke arah pembentukan ukuran-ukuran,rasa dan nilai-nilai dengan tidak bergantung kepada orang lain.

Mahasiswa diharapkan dapat dengan berani mempertahankan segala nilai-nilai moral yang benar dengan tanggung jawab serta menolak segala nila-nilai yang tidak pantas untuk dibenarkan. Lebih kritis dalam mengutarakan pendapat dan selalu menyelidiki tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.

Latar belakang IBD dalam konteks budaya,negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan masalah berikut :
  1. Bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa dan budaya dengan segala anekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primodial,kesukuan dan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan yang masih terus berlangsung yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif berupa pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia dapat terkena imbasnya.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya,sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Akibat dampak negatif dari teknologi, manusia jadi resah dan gelisah.

B. PENGERTIAN,TUJUAN DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

Secara sederhana, Ilmu Pengetahuan Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Untuk mengetahui Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

  1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science) --> Ilmu alamiah yang bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta. Yang termasuk dalam kelompok ilmu-ilmu alamiah adalah astronomi,fisika, biologi, kedokteran, mekanika.
  2. Ilmu-ilmu Social (social science) --> Ilmu yang mengkaji keteraturan-keteraturan yang terjadi pada hubungan manusia dengan sesamanya. Yang termasuk dalam kelompok ilmu-ilmu sosial yaitu ilmu ekonomi, soologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.
  3. Pengetahuan Budaya (the humanities) -->Bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengetahuan Budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Sedang Ilmu Budaya Dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep umum yang digunakan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan memperluas kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya yang terjadi di sekitarnya. Maksud dari kemampuan kritikal di sini adalah mahasiswa mampu menganalisis apakah nilai-nilai budaya yang diterima olehnya baik atau tidak bagi dirinya maupun orang-orang yang berada disekelilingnya.

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
  1. Mengusahakan agar kepekaan mahasiswa semakin tajam terhadap lingkungan budaya, supaya mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama dalam menghadapi lingkungan kerja.
  2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa tidakjatuh ke dalam sifat-sifat pengkotakan yang sempit dan bersifat kedaerahan .
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain dengan baik dan benar.


Ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar:
  • Aspek kehidupan manusia yang mencangkup masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya (The Humanities):
  • Hakekat manusia yang satu dan universal yang perwujudannya berbeda-beda sesuai dengan jaman dan beraneka ragam perwujudannya
Manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian Ilmu Budaya Dasar. Manusia tidak lagi menjadi subyek melainkan obyek pengkajian.

C. KESIMPULAN

Dengan mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih kritis dalam menghadapi perubahan jaman. Mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui, mana yang benar untuknya dan mana yang buruk untuk perkembangan pribadinya. Mahasiswa dapat dengan mudah bergaul dengan berbagai macam lingkungan. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa supaya dapat dengan mudahnya menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang pasti sangat jauh keadaanya dibanding dengan lingkungan perkuliahan.

Di sini para mahasiswa dapat dengan berani mengeluarkan segala pendapatnya yang dianggap benar dan baik. Mahasiswa akan meninggalkan segala sifat-sifat yang kesukuan atau tidak mau membaur dengan suku atau kelompok lainnya. Mereka akan lebih fleksibel dalam menerima segala perubahan. Wawasan mahasiswa menjadi luas dalam menyikapi berbagai masalah yang sedang terjadi di Indonesia.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar yang mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan mendidik mahasiswa untuk dapat dengan mudahnya menangani berbagai peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Diharapkan mahasiswa akan menjadi ahli dalam bidang disiplin masing-masing dan tidak jatuh kedalam pengkotakan disiplin yang ketat serta pandangan yang kurang luas. Mahasiswa dididik supaya tidak egois serta selalu berpikiran secara dinamis.

Ilmu Budaya Dasar menjelaskan bahwa manusia menempati posisi yang amat penting dalam pembahasannya. Dalam ilmu ini dijelaskan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan sesama.

sumber penulisan --> http://furuhitho.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18508/bab1-tinjauan_tentang_ilmu_budaya_dasar.pdf

riska

No comments:

Post a Comment