bahasa pemrograman Ruby

soal:
1.Apa yang kalian ketahui tentang sejarah perkembangan bahasa pemrograman Ruby?
2. Jelaskan tentang variabel,tipe data, dan operator pada Ruby!

Jawab :
1. Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa pemrograman scripting yang memiliki kemampuan orientasi obyek. Pada saat itu pemrograman berorientasi obyek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman obyek.
Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengontribusikan perkembangan Ruby.
Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia. Bulan Agustus tahun 2006, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard yang akan diluncurkan bulan Oktober 2007.


2. Variabel : Karena Ruby bersifat dynamic-typing, Anda tidak perlu mendeklarasikan tipe dan variabelyang ingin Anda gunakan seperti pada bahasa C. Anda cukup memasukkan nilai ke variabelyang ingin Anda pakai. Aturan penamaan variabel sama dengan aturan penamaan variabel pada umumnya, yakni tidak boleh dimulai dengan angka dan tidak memakai keyword penting dari bahasa tersebut.


Tipe data :
  • Angka --> Ruby dapat menangani angka baik yang bertipe integer maupun float.
  • String--> Tipe data String di Ruby sama dengan tipe data String pada bahasa pemrograman lain umumnya. Untuk membuat tipe data String, anda dapat menggunakan kutip satu ‘ ataupun kutip dua “ . Adapun perbedaan di antara keduanya, yakni di mana objek String yang dibuat dengan kutip dua “ akan mengerti karakter khusus seperti ‘\n’,’\r’,’\b’ ,dsb. ; sedangkan karakter dengan objek String yang dibuat dengan kutip satu ‘ tidak bisa menerjemahkan karakter khusus di atas.
  • Array --> Tipe data Array di Ruby sama dengan tipe data list di Python. Untuk membuat suatu objek Array baru, Anda dapat menggunakan literal Array [] ataupun konstruktor Array.new. Isi array dapat berupa objek apapun baik angka, string, maupun objek lain termasuk objek array itu sendiri.
  • Hash --> Tipe data hash di Ruby sama dengan tipe data dictionary di Python. Untuk membuat objek
  • Range --> Objek range di Ruby merupakan suatu barisan di mana terdapat nilai awal dan nilai akhir dari barisan tersebut
Operator
  • Operator aritmatika : tambah (+), pengurangan (-), pengalian (*), dan pembagian (/)
  • Operator perbandingan : mengembalikan nilai True dan False (==), tes untuk ketidaksama denganan, kurang dari (<), lebih dari (>)
  • Ruby juga mendukung assignment operator, yaitu +=, -=, *=, dan /=. Assignment operator tidak memerlukan operand kedua.

riska

No comments:

Post a Comment