Resume Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) diadakan pada tanggal 14 September 2009, bertempat di D340.

Dalam kesempatan ini, dosen menjelaskan poin-poin penting dalam mengikuti mata kuliah ISD, antara lain:

1. Tatap muka dengan dosen hanya diadakan satu kali selama sebulan. Khusus untuk jurusan Teknik Informatika, dibimbing oleh 6 dosen.

2. Mahasiswa diwajibkan memiliki blog dan mengaktifkan studentsitenya masing-masing.Blog tersebut akan digunakan untuk menuangkan segala buah pikiran mahasiwa dalam bentuk artikel yang berhubungan dengan bidang keilmuan dan sebagai wadah dalam proses pengembangan softskill. Mahasiswa diwajibkan untuk selalu membuka studentsite agar mahasiswa mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia perkuliahan. Mahasiswa diharapkan lebih sering mengakses internet, guna mengetahui perkembangan jaman dan dapat menginspirasi untuk membuat suatu karya yang lebih baik dengan membaca berbagai sudut pandang beberapa orang dalam menyikapi suatu masalah.

3. Mata kuliah ISD dibagi menjadi dua :

· Tugas : Mahasiswa menuliskan suatu tema berdasarkan suruhan dosen pembimbing yang mengacu pada SAP mata kuliah Ilmu Sosial Dasar.

· Tulisan : Mahasiswa dibebaskan berkreasi mengangkat suatu tema dan dibahas dengan hasil pemikiran sendiri lalu mempublikasikannya di blog. Mahasiswa diharapkan menjadi kritis dan tanggap dengan situasi jaman serta menghindari sifat plagiarisme.

4. Penilaian mata kuliah ini berdasarkan hasil mengerjakan Tugas yang diberikan oleh dosen serta penilaian terhadap artikel yang sudah mahasiswa tuliskan di dalam blognya. Mahasiswa dilarang keras hanya menyalin artikel milik orang lain lalu mengakui bahwa karya tersebut hasil pemikiran dirinya.

Dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar, mahasiswa diharapkan untuk mengembangkan softskill –nya masing-masing. Kehidupan setiap manusia berkaitan erat dengan IQ (Intellegence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), dan AQ (Adversity Quotient).

Mengapa kita perlu mengembangkan softskill ?

Kita sebagai individu yang hidup bermasyarakat, harus menyeimbangkan peran IQ,EQ,SQ serta AQ dalam hidup kita supaya kita dapat hidup berdampingan dengan baik. Kita tidak boleh hanya mengedepankan kemampuan hardskill tetapi juga harus memperhatikan kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual.

ISD juga mengajarkan kita untuk cerdas dalam hal bersosialisasi dengan orang banyak, cara membangun sebuah teamwork yang kuat dan kokoh serta bagaimana cara menyampaikan pikiran-pikiran kita kepada dunia dengan memperhatikan etika yang berlaku dan HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ). Oleh karena itu,lulusan Gunadarma diharapkan dapat dengan mudah bersaing di dunia kerja .

riska

No comments:

Post a Comment